Musik dan Sugestibilitas

 


Oke: anggap saja hanya demi argumen bahwa musik yang didengarkan dan dinikmati orang dapat dan memang membuat mereka terhipnotis. Apa implikasi dari itu?

Tentu saja, saya harus memenuhi syarat di atas segera. Ketika saya menggunakan kata "hipnosis" dalam konteks ini, saya tidak bermaksud semacam keadaan pasif dan santai yang dialami seseorang di bawah bimbingan seorang ahli hipnoterapi. Yang saya maksudkan hanyalah semacam perubahan dalam kualitas kesadaran yang terjadi ketika Anda asyik dengan musik yang Anda sukai apakah Anda berputar-putar di lantai dansa, di tengah lampu yang berkedip-kedip dan hiruk pikuk yang memekakkan telinga, atau duduk. diam-diam terpesona oleh Chopin nocturne. Saya percaya bahwa setiap pergeseran kesadaran seperti itu membuat kita lebih mudah disugesti.

Saya juga perlu menyatakan yang sudah jelas. Kami bukan boneka atau komputer. Apa pun keadaan kesadaran yang kita alami, kita tidak segera merespons setiap sugesti yang kita temui, secara penuh dan positif. Namun, dalam keadaan kesadaran hipnoid, kita lebih mudah disugesti daripada dalam kesadaran bangun "normal". Jadi - untuk menyatakan kembali pertanyaan pembuka, jika musik menempatkan kita ke dalam keadaan hipnoid, apa kemungkinan konsekuensinya?

Sekali lagi, untuk menyatakan yang sudah jelas, itu tergantung pada jenis musik apa yang Anda dengarkan, dan mengapa. Jenis musik apa yang orang dengarkan hari ini? Segala macam. Ada penonton untuk jazz, folk, klasik, dan sebagainya. Tapi dan saya tahu ini adalah generalisasi menyeluruh mayoritas orang, terutama orang muda, mendengarkan apa yang laris, apa yang sedang tren.

Baca juga di mp3quack untuk mendapatkan lagu yang sesuai keinginan, Anda hanya perlu mengetikkan nama judul lagu band dan akan ada banyak pilihan mulai dari lagu single hingga full album.

Tentunya semua orang di Inggris yang hidup pada tahun 60-an, 70-an dan 80-an akan mengingat Top of the Pops di televisi dan acara hitung mundur chart Alan Freeman di radio. Pada masa itu, hampir semua orang tahu - atau setidaknya memiliki gambaran kasar - lagu mana yang ada di Nomor Satu.

Apakah Anda tahu lagu apa yang ada di Nomor Satu saat ini? Aku juga tidak. Tapi saya pikir saya akan melihat sekilas Top 3 sebagai indikasi seberapa besar proporsi populasi, jika bukan mayoritas, yang sedang mendengarkan saat ini. Ini juga akan memberi saya gambaran tentang saran apa yang dikomunikasikan melalui musik.

Yah - Saya mencari-cari di internet dan sepertinya pada saat penulisan - 30 April 2012 - lagu di Nomor Satu adalah: "Call Me Maybe" oleh Carly Rae Jepsen. Baik lagu maupun penyanyinya tidak saya kenal. Lagu, dengan video yang menyertainya, mudah ditemukan secara online.

Penyanyinya adalah seorang wanita muda kurus tapi cantik yang terlihat seperti berusia sekitar 16 atau 17 tahun. Agaknya dia lebih tua. Lagu ini menceritakan kisah yang sangat sederhana. Pahlawan wanita kita melemparkan harapan ke dalam sumur dan, mungkin sebagai akibatnya, jatuh dalam nafsu dengan seseorang yang mengenakan jins robek. Video terlampir memperjelas bahwa orang ini adalah seorang pemuda. Liriknya tidak mengatakan apa-apa tentang dia. Dia memberinya nomor teleponnya dan memintanya untuk meneleponnya. Asli, bukan? Suara penyanyi itu, seperti penampilannya, kurus dan tidak dewasa, dengan kualitas adenoid pucat yang tampaknya sedang menjadi mode saat ini. Garis melodi adalah kesederhanaan sajak anak-anak. Musik pengiringnya sebagian besar terdiri dari akord string sintetis dan perkusi. Tidak ada apa pun di sini yang belum pernah kita dengar ribuan kali sebelumnya.

Nomor Dua di tangga lagu adalah lagu berjudul "Let's Go" oleh Calvin Harris. "Lirik" lagu ini, jika boleh disebut lirik, tidak lebih dari rangkaian klise yang paling dangkal. Ayo pergi. Saya sedang bicara. Yang penting adalah apa yang Anda lakukan. Mari kita mewujudkannya. Dan itu saja. Penyanyinya laki-laki. Suaranya memiliki kualitas rengekan kekanak-kanakan yang sama dengan penyanyi di slot Nomor Satu tetapi tanpa pesona kekanak-kanakan. Garis melodi, jika memang pantas untuk judul seperti itu, tidak mungkin lebih sederhana dan dangkal. Iringan terdiri dari ritme paling dasar dan akord yang disintesis. Sekali lagi, tidak ada yang orisinal atau khas tentang ini sama sekali.

Di nomor tiga adalah lagu berjudul "We Are Young" oleh grup bernama "Fun". Judul lagu dan nama band mungkin memberi tahu Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang mahakarya khusus ini. Lagu ini tentang kejadian sepele di sebuah bar. Protagonis (laki-laki) mencoba untuk meminta maaf kepada kekasihnya untuk sesuatu - sifat pelanggarannya tidak dijelaskan. Permintaan maaf sepertinya tidak berjalan dengan baik. Sementara itu, teman-teman pahlawan kita sedang berada di toilet, mabuk karena sesuatu atau lainnya. Disela-sela perincian kotor dan sepele ini, ada pengulangan berulang yang menegaskan bahwa "kita" bisa terbakar lebih terang daripada matahari. Musik, bagaimanapun, ini tampaknya menjadi yang terkuat dari ketiganya. Garis melodi jauh lebih kaya dan lebih bervariasi daripada dua lagu di atasnya di tangga lagu. paduan suara,

Sebelum mengatakan lebih lanjut tentang ketiga lagu ini, saya hanya ingin mengatakan bahwa saya tidak memiliki kapak khusus untuk digiling dalam hal musik rock dan pop. Saya tidak menganggapnya sebagai akar dari semua kejahatan. Ketertarikan saya pada musik klasik dari semua jenis, dari Leonin hingga Stockhausen. Saya suka beberapa Jazz dan beberapa Musik Rakyat / Dunia. Saya juga suka beberapaRock and Pop - tapi saya tidak suka semuanya dan saya pikir sebagian besar terlalu berlebihan. Ada beberapa artis pop yang akan saya atur bersama Schubert, Strauss dan Wolf, seperti Kevin Coyne, Lou Reed, Van Morrison, Bob Dylan dan sejumlah lainnya. Tapi saya juga percaya bahwa sekitar 95%, jika bukan persentase yang lebih tinggi, dari apa yang kita sebut musik "pop" terlalu berlebihan dan dinilai terlalu tinggi. Saya memperkirakan bahwa dalam waktu 100 tahun semua musik pop dalam dua dekade terakhir akan benar-benar dilupakan - meskipun saya mungkin tidak akan ada untuk mengatakan "Sudah kubilang"!

Saya tentu tidak ingin melarang musik apa pun atau menyalahkan atau mencela siapa pun yang menikmati musik yang tidak saya sukai. Musik pop belum ada lama dan selalu, setidaknya sampai saat ini, diselimuti kontroversi. Rock 'n roller awal, bahkan tindakan yang sekarang tampak sama sekali tidak bersalah, seperti Cliff Richard, Elvis Presley atau Beatles awal, diserang atas dasar moral. Kecaman seperti itu sekarang tampak konyol. The Rolling Stones pernah dianggap sebagai ancaman bagi masyarakat. Sekarang Sir Mick Jagger adalah sosok yang mapan. Sex Pistols pernah dianggap serius sebagai pertanda anarki. Berapa tahun lagi yang harus menunggu sebelum gelar ksatria dianugerahkan kepada John Lydon?

Rasa jijik spontan seperti itu adalah reaksi yang berlebihan. Namun saya percaya bahwa paparan musik jenis tertentu yang berkepanjangan dapat memiliki efek yang merugikan, dan saya ingin menjelaskan dengan tepat mengapa saya berpikir demikian.

Musik sebuah lagu memungkinkan lirik sebuah lagu (dan sugesti yang terkandung dalam lirik tersebut) untuk menembus kesadaran kita jauh lebih dalam yang akan terjadi jika kita hanya membaca liriknya atau mendengarkannya dibacakan. Alasan untuk ini adalah bahwa musik memiliki efek mematikan kemampuan menghakimi atau analitis kita. (Ini hanya terjadi jika kita menyukai musiknya. Jika tidak, maka kemampuan kritis kita diperkuat, bukan dilewati). Tak satu pun dari ini telah terbukti secara ilmiah atau diuji secara klinis tetapi, demi argumen, mari kita anggap itu benar. Saran macam apa yang mungkin diterima oleh pendengar musik pop saat ini? Mari kita kembali ke Tiga Besar:

Call Me Maybe bukan lagu cinta. Ini adalah lagu tentang kepuasan. Sebuah keinginan dilemparkan ke dalam sumur dan segera penyanyi itu diberikan objek keinginannya. Kami tidak diberitahu apa-apa tentang orang lain ini, selain dari jeans robek dan kulit yang terlihat. Ini bukan tentang perasaan, hanya tentang keinginan. Tentu saja, adalah mungkin untuk merasakan ketertarikan langsung pada orang asing. Biasanya ini disertai dengan semacam spekulasi, atau fantasi, tentang sifat orang itu sendiri. Tetapi kadang-kadang bisa murni fisik, tanpa memperhatikan orang lain sebagai pribadi, hanya sebagai tubuh. Lagu ini, kemudian, merayakan bentuk paling dasar dari ketertarikan manusia, seperti dua anjing yang saling mengendus.

Let's Go tidak memiliki konten naratif. Pesannya tampaknya: hiduplah untuk saat ini dan wujudkan malam ini. Kata-kata "berhasil" dan "malam ini" menunjukkan bahwa kepuasan seksual langsung adalah tujuannya tetapi tidak ada tempat yang eksplisit.

Dalam We Are Young, sebuah hubungan tampaknya berjalan salah, tetapi itu tidak masalah karena kita masih muda, kita hebat, kita pantas mendapatkan yang terbaik dan semuanya tersedia bagi kita jika kita hanya menjangkau dan meraihnya.

Pemuasan diri yang dangkal tampaknya menjadi inti dari ketiga lagu terlaris ini. Saya akan merumuskan kembali saran yang mereka tawarkan sebagai berikut:

  • Aku pantas mendapatkan yang terbaik
  • Yang saya inginkan adalah yang paling penting.
  • Anda penting bagi saya jika Anda menghidupkan saya dan memberi saya kesenangan.
  • Saya memiliki potensi yang tak terbatas.
  • Saya hebat.
  • Saya dapat memiliki apa pun yang saya inginkan.

Saran-saran ini adalah campuran baik dan buruk, positif dan negatif. Tentu saja, harga diri yang tinggi dan pandangan positif diperlukan untuk kebahagiaan dan kesuksesan. Tetapi ketika sugesti semacam itu terjadi dalam konteks pemuasan diri instan yang narsistik, maka semuanya bisa menjadi sangat beracun.

Tiga Lagu Teratas ini mungkin membuat kita merasa baik selama beberapa menit. Mereka adalah musik yang setara dengan makanan cepat saji, McDonalds untuk telinga. Dan kita semua tahu apa yang bisa dilakukan oleh burger tanpa henti. Dan lagu-lagu seperti itu menarik bagi naluri kita yang paling rendah dan paling kekanak-kanakan.

Bisakah ini membahayakan? Apa efeknya? Sejujurnya, saya tidak tahu. Mungkin efek negatif apa pun tidak akan bertahan lama dan dapat dilawan oleh pengaruh budaya yang lebih positif. Tapi saya benar-benar khawatir bahwa produk budaya seperti tiga lagu ini mungkin memiliki efek kekanak-kanakan pada konsumen. Dan jika kita melihat gambaran yang lebih luas, ini tentu menjadi perhatian.

Saya meninggalkan sekolah pada usia 16 tahun dan langsung bekerja penuh waktu dengan pelatihan profesional. Begitu juga sebagian besar rekan-rekan saya. Beberapa dari mereka segera dapat hidup sendiri, terlepas dari dukungan orang tua. Mereka berada di akomodasi sewaan atau mereka membeli flat atau rumah awal mereka sendiri. Saat di sekolah, hampir semua dari kita memiliki pekerjaan paruh waktu atau sumber pendapatan yang memberi kita kebebasan finansial dari orang tua kita. Ketika kami masih sangat muda, kami diizinkan bermain tanpa pengawasan dan diharapkan untuk bertanggung jawab atas tindakan kami. Saat ini lebih sedikit anak yang dapat menghasilkan uang sendiri. Mereka sepenuhnya bergantung pada orang tua mereka sampai akhir remaja. Karena semakin banyak yang terjerumus ke dalam pendidikan tersier, kaum muda saat ini tidak dapat memperoleh upah mereka sendiri sampai mereka ' mereka di awal dua puluhan. Mereka seharusnya sudah dewasa tetapi mereka tetap seperti anak-anak. Selera modern dalam musik pop tampaknya sepenuhnya menjadi gejala dari tren ini.

Dan mengapa musik pop modern tampaknya menikmati dukungan seperti itu dari Negara yang dulu mengutuknya? Politisi kadang-kadang ditanyai tentang selera musik mereka dan tanggapannya mudah ditebak: selalu seperti Coldplay atau Radiohead, atau The Smiths, atau sesuatu yang non-elit dan "trendi" dari sekitar 15 tahun terakhir. Saya ragu apakah ada politisi waras yang akan dengan malu mengaku menyukai Purcell atau Bartok. Seorang Menteri Kabinet yang kedapatan memiliki CD musik oleh Varese atau Gesualdo mungkin akan diminta untuk mengundurkan diri! Kenapa ini? Saya pikir sebagian dari jawabannya adalah bahwa musik pop modern menyebarkan pandangan tentang manusia yang disetujui oleh para politisi dari semua pihak. Kita adalah konsumen yang fungsinya mencari dan membelanjakan uang. Keinginan dan keinginan kecil kita memainkan peran penting dalam hal ini. Kita harus memperoleh lebih banyak, membelanjakan lebih banyak untuk gadget dan gizmos mahal dengan keusangan bawaan, kita harus memanjakan diri dan mengikuti setiap tren, mengikuti setiap mode dan memuaskan setiap keinginan karena kita layak mendapatkannya. Saya sedang bicara. Ini semua tentang saya. Kita bisa mewujudkannya dan membakar lebih terang dari matahari dan mudah-mudahan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang abadi. Surga melarang bahwa kita harus mulai melihat ke arah lain, memikirkan komunitas daripada individu, menempatkan kebutuhan dan perasaan orang lain di samping, bahkan sebelum, kebutuhan diri kita sendiri. kembali layak. Saya sedang bicara. Ini semua tentang saya. Kita bisa mewujudkannya dan membakar lebih terang dari matahari dan mudah-mudahan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang abadi. Surga melarang bahwa kita harus mulai melihat ke arah lain, memikirkan komunitas daripada individu, menempatkan kebutuhan dan perasaan orang lain di samping, bahkan sebelum, kebutuhan diri kita sendiri. kembali layak. Saya sedang bicara. Ini semua tentang saya. Kita bisa mewujudkannya dan membakar lebih terang dari matahari dan mudah-mudahan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang abadi. Surga melarang bahwa kita harus mulai melihat ke arah lain, memikirkan komunitas daripada individu, menempatkan kebutuhan dan perasaan orang lain di samping, bahkan sebelum, kebutuhan diri kita sendiri.

Generasi muda adalah masa depan kita. Mereka harus tumbuh lebih cepat daripada nanti. Mari kita berharap, bahwa suatu hari nanti mereka akan berpaling dari lagu anak-anak kecil narsis yang ditawarkan oleh industri musik saat ini dan mencari, atau menciptakan, sesuatu yang lebih substansial. Sesuatu yang lebih sehat.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Website Toko Online Untuk Bisnismu!

Masuk Polisi Tak Bayar, Ini Syarat dan Cara Daftarnya