Jejaring Sosial dan Musik: MySpace Menyatukan Semuanya dalam Komunitas Virtual


 Penggemar musik saat ini berinteraksi dengan "komunitas" yang jauh lebih besar daripada yang pernah diimpikan siapa pun sebelum penggunaan Internet secara pribadi meluas. Jejaring sosial ini mengubah cara orang memasarkan dan menjual musik dan hal itu terjadi dalam skala global.

Berikut Caranya:

Seorang penggemar mendengar sebuah lagu dan "memberi tahu" selusin penggemar lainnya secara online. Masing-masing, pada gilirannya, mengirimkan informasi (dan terkadang seluruh file lagu) ke selusin orang lain, dan seterusnya. Jika hook lagu tersebut cukup menarik dan universal, artis tersebut dapat menjangkau ribuan penggemar dalam hitungan detik. Cepat, mudah, gratis, dan mendunia.

Menurut download mp3 apakah komunikasi viral ini mendatangkan penghasilan bagi artis itu (atau penulis lagu, atau penerbit, atau manajer, atau agen, atau distributor, atau label rekaman)? Tidak. Tapi apakah itu memberikan publisitas penting yang berpotensi menjual single, album, tiket konser, dan merchandise? Sangat.

Cara Pemasaran Baru:

Ini adalah pergeseran kuantum dalam pemasaran. Ini memberikan kemungkinan untuk melewati distribusi bata-dan-mortir, sementara sangat membatasi bentuk "promosi" radio yang hampir tidak legal yang oleh banyak orang di industri secara terbuka disebut sebagai payola atau pemerasan stasiun komersial.

Semua ini dimungkinkan berkat berbagai bentuk komunikasi online yang terus berkembang, termasuk situs musik, portal web, blog (weblog), forum musik, dan banyak lagi. Sebuah situs baru bernama MySpace.com telah menyatukan semua elemen ini di satu tempat. Dan karena visi mereka, MySpace menjadi tujuan informasi bagi band, penggemar, pembuat film, penulis, artis, profesional industri rekaman, dan banyak lagi.

Bangsa MySpace: "Di mana Anda tinggal?" dulunya adalah pertanyaan yang diucapkan dengan lantang; itu sekarang diketik. Jawaban atas pertanyaan itu biasanya hanya menunjukkan dari bagian kota mana Anda berasal, dengan saran yang menyertai status sosial-ekonomi Anda, dan petunjuk tentang mal mana yang mungkin menjadi tempat nongkrong Anda yang biasa; sekarang mengacu tidak hanya ke kota Anda, tetapi juga negara bagian, wilayah, atau negara Anda.

"Adegan" virtual Anda mungkin melibatkan orang-orang di mana saja di dunia. Komunitas virtual saya dimulai di Los Angeles dan meluas ke Moskow, Big Bear, Amsterdam, San Francisco, London, New York, Miami, dan beberapa tempat yang belum saya pelajari untuk mengeja dengan benar. Bahkan, berkat jejaring sosial seperti MySpace, seseorang dapat berinteraksi dengan beberapa adegan. Orang-orang yang menyukai lagu-lagu gothic saya sedikit tumpang tindih dengan lagu-lagu rave-trance di album remix saya, tetapi mereka tidak tertarik dengan musik yang saya buat untuk iklan radio dan televisi (mereka sebenarnya bisa sangat meremehkannya). Tetapi setiap jejaring sosial menyambut berita tentang musik baru dengan gaya favorit mereka sendiri.

MySpace: Masa Depan adalah Sekarang

Dengan dua juta anggota (dan terus bertambah), MySpace.com menawarkan kesempatan hiburan multi-level yang melibatkan blog, pesan instan, iklan baris, pemungutan suara sejawat, kelompok minat khusus, forum pengguna, dan konten yang dibuat pengguna. Apakah itu populer? Anda bertaruh: mereka memiliki statistik yang menunjukkan situs menerima 35 juta tayangan per hari dengan rata-rata satu jam online per kunjungan. Sejauh ini, semua layanan MySpace gratis, dengan situs yang didukung sepenuhnya oleh pengiklan yang sangat ingin menjangkau penggemar musik muda, paham web, dan sosial web yang menarik MySpace.com.

Dibuat oleh Chris DeWolfe dan Tom Anderson, MySpace sudah sukses pada tingkat yang mengejutkan banyak penonton industri. Sementara situs utama MySpace mengarah ke jejaring sosial murni, bagian situs yang disebut MySpace Music adalah cara revolusioner untuk menjangkau pemirsa web bawaan mereka yang terdiri dari dua juta pengguna jaringan, dan memiliki potensi untuk berkembang pesat melampaui angka yang sudah mengesankan itu. Sebagai sarana untuk meluncurkan artis rekaman yang belum ditandatangani dan baru muncul, MySpace Music adalah alat yang hebat.

Di dalam Pikiran Kreator MySpace:

"MySpace Music adalah apa yang seharusnya menjadi MP3.com, tetapi tidak pernah ada," kata Anderson. "Sangat sedikit orang yang membuka situs web untuk mencari band yang belum pernah mereka dengar. MySpace Music memungkinkan orang menemukan musik online dengan cara yang sama seperti mereka mengetahui musik secara langsung: melalui teman-teman mereka. Jutaan teman datang ke MySpace untuk bersosialisasi, dan melalui proses itu -- dari mulut ke mulut dan rekomendasi dari teman -- band-band mendapatkan paparan kepada penggemar baru dan penggemar musik baru."
DeWolfe melanjutkan, "Penggunaan MySpace Music yang paling menarik adalah cara mengubah dinamika band-to-fan. Sebuah band dapat pergi ke MySpace dan menemukan penggemar potensial di seluruh negeri hanya dengan mengirim email dan mengatakan 'Halo. ' Band sedang mengembangkan pengikut dan menemukan tim jalanan secara online."
Menawarkan unduhan, halaman web band, dan kemampuan untuk terhubung langsung dengan artis hanyalah bagian dari daya tarik MySpace Music. Setiap pengunjung situs juga dapat berpartisipasi melalui testimoni dan penilaian pengguna. Para artis juga dapat mengakses berbagai kontak bisnis musik.

Detail dari DeWolfe:

G-Man: Bagaimana sejarah MySpace?

Chris DeWolfe: Kami meluncurkan situs umum MySpace pada bulan September 2003. Visi kami adalah membuat portal di mana pengguna kami dapat memobilisasi dan terhubung dengan minat yang sama -- baik minat tersebut berupa musik, televisi, kencan, kehidupan malam, politik, agama, atau apa pun lain.

G-Man: Bagaimana musik bisa masuk ke jaringan MySpace?

Chris DeWolfe: Hampir sejak kami diluncurkan, musik menjadi salah satu minat utama pengguna MySpace. Kami percaya bahwa kebanyakan orang mendengar dan mencicipi musik baru berdasarkan rekomendasi dari teman. Pengaruh jaringan situs kami (teman memberi tahu teman), memungkinkan tren dan musik baru menyebar dengan sangat cepat. Pada saat yang sama, band-band mulai berbondong-bondong ke MySpace sebagai mekanisme untuk mempromosikan diri mereka sendiri, menemukan penggemar baru, pameran buku, dan bahkan mengamankan kesepakatan label.

G-Man: Apa aliran pendapatan untuk MySpace?

Chris DeWolfe: MySpace saat ini didukung oleh iklan dan sponsor online. Kami dapat menambahkan layanan premium nanti, tetapi layanan apa pun yang saat ini kami tawarkan secara gratis akan tetap seperti itu. Kami beruntung mendapatkan pengiklan tingkat atas seperti Sony Music, Interscope, Warner Music, Dreamworks, Napster, dan lainnya. Promosi ini bekerja untuk jenis pengiklan ini karena sebagian besar pengguna kami adalah influencer berusia 18-34 tahun yang menyukai musik dan sering pergi ke bioskop selama akhir pekan pembukaan.

G-Man: Apa keuntungan artis yang menggunakan MySpace?

Chris DeWolfe: Artis dapat menjual CD mereka di situs kami. Penggunaan utama sejauh ini adalah untuk band-band untuk memobilisasi penggemar baru yang biasanya tidak akan mereka temui. Sebuah band dari Iowa dapat dengan cepat mengembangkan pengikut di New York atau Los Angeles. Selain itu, band menggunakan situs ini untuk memesan tur dan mengisi tempat. Jejaring sosial MySpace bersifat internasional. Karena MySpace adalah jaringan online, batasan geografis menjadi kurang relevan.

G-Man: Bisakah Anda membandingkan entitas MySpace dengan situs jaringan lain?

Chris DeWolfe: Sebagian besar situs hanya berfokus pada jaringan bisnis, iklan baris, atau kencan. MySpace adalah portal yang menggunakan infrastruktur jaringan sosial. MySpace meliputi, game, blog, musik, iklan baris, forum, email, pesan instan, dan peringkat pengguna. Model kami telah mengarah ke situs yang sangat lengket di mana rata-rata pengguna menghabiskan lebih dari satu jam per sesi di situs. Kami juga telah menyajikan lebih banyak tampilan halaman daripada pesaing terbesar kami di masing-masing dari tiga bulan terakhir.

MySpace hanya memperluas fungsionalitas di sekitar perilaku massa yang ada. Sebagian besar jika tidak semua situs lain itu tidak atau tidak memiliki kemewahan itu -- mereka mengandalkan perilaku untuk mengembangkan fungsionalitasnya. Dengan kata lain, kami tidak membangunnya, berharap orang-orang akan datang. Orang-orang sudah di situs berbagi informasi tentang band; band sudah merekrut penggemar dan bantuan lokal; pengguna sudah berteriak-teriak untuk mengunduh musik; mereka sudah memberi peringkat dan menilai musik; mereka sudah muncul di pesta kami untuk mendengarkan musik yang mereka pelajari di MySpace. Musik MySpace berhasil karena dua juta orang sudah melakukan apa yang sekarang kami lakukan untuk memudahkan mereka melakukannya.

G-Man: Arena pemasaran apa yang terlibat (atau direncanakan untuk terlibat) dengan MySpace?

Chris DeWolfe: Dua dari mitra pemasaran kami yang lebih besar adalah Warped Tour dan Rock The Vote. The Warped Tour, khususnya, sangat cocok untuk kami. Kami mensponsori Uproar Stage dan band-band dari MySpace akan bermain di tempat-tempat Warped Tour. Kemitraan ini menawarkan eksposur yang luar biasa untuk MySpace Music dan band MySpace Music yang berpartisipasi.

Rock the Vote juga merupakan mitra yang hebat karena cocok dengan misi kami untuk memungkinkan pengguna kami bergerak di sekitar minat yang sama. Pengguna MySpace dapat mendaftar untuk memilih langsung dari halaman rumah kami. Kami juga akan berpartisipasi dalam beberapa acara musik mereka.

Fenomena MySpace On-the-Grow:
Kemitraan strategis berkembang hampir secepat band bertemu penggemar di situs. Jaringan Musik Los Angeles (www.lamn.com) akan membawa basis keanggotaan dan kekuatan pemasarannya ke dalam pengaturan kemitraan dengan MySpace.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Website Toko Online Untuk Bisnismu!

Masuk Polisi Tak Bayar, Ini Syarat dan Cara Daftarnya